Sekilas Budidaya Ikan Lele


Ikan lele merupakan ikan konsumsi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Sedangkan produksi ikan lele masih kurang dapat memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat. Selain itu ikan lele merupakan ikan konsumsi yang sangat mudah dibudidayakan dan benihnya mudah didapat.

Lele adalah ikan yang hidup didasar kolam, kebiasaan makannya adalah bervariasi, mereka makan serangga, cacing, sejenis udang kecil, decomposing organic matter, juga tumbuh-tumbuhan dan masih bisa hidup jika lingkungan hidupnya sedikit tidak bersahabat suatu misal lingkungan yang kurang oksigen, dimana ikan lain sudah susah hidup tetapi lele masih. Ikan lele tumbuh dengan cepat dan resistant terhadap lingkungan.

Kebutuhan lele konsumsi di dalam negeri terus mengalami peningkatan sejalan dengan semakin populernya lele sebagai hidangan yang sangat lezat. Kebutuhan ikan lele, diprediksi akan semakin meningkat. terlebih lagi adanya efek serangan virus flu burung yang menyebabkan mulai bergesernya animo masyarakat dari mengkonsumsi daging ayam menjadi penggemar ikan.

Permintaan ikan lele untuk konsumsi tak pernah surut. Sebagai gambaran, kebutuhan ikan lele semakin meningkat terutama kebutuhan ikan lele di wilayah Jabotabek diperkirakan sekitar 75 ton sehari.(sumber kompas 21 desember 2009) Pemasoknya bukan saja berasal dari petani lele Jabar, tetapi juga dari Jawa Tengah..

Ikan lele memiliki keunggulan dibandingkan dengan pemeliharaan ikan yang lain.  Keunggulan memelihara lele yaitu:

  1. tahan terhadap berbagai macam penyakit dan lingkungan yang kurang baik
  2. waktu pemeliharaan yang relatif singkat (45 hari)
  3. memiliki kapasitas produksi yang maksimal (1 m2 = 100 ekor)
  4. memiliki berbagai macam alternatif pakan
Pos ini dipublikasikan di Perikanan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s