Sunkist


Bagi penggemar buah khususnya jeruk, tentu tidak asing lagi dengan jeruk Sunkist. Boleh dikata jenis jeruk satu ini sudah mendunia. Tapi nampaknya banyak orang yang salah kaprah tentang jeruk ini dengan menyebut sunkist sebagai jenis jeruk. Padahal sunkist adalah merk dagang yang dimiliki oleh koeprasi petani jeruk yang ada di California. Koperasi inipun juga termasuk salah satu koperasi yang terbesar di dunia.

Pada awalnya adalah kesadaran para petani jeruk di Kalifornia Selatan akan pentingnya wadah bersama untuk memasarkan jeruk mereka, yang jika dipasarkan sendiri-sendiri akan menghadapi banyak kesulitan. Pada saat itu pengelolaan industri jeruk terkotak-kotak, distribusi yang acak-acakan, agen yang curang, dan harga yang tidak menentu. Kondisi inilah yang mengancam kehidupan para petani jeruk. Pada tahun 1893 para petani tersebut kemudian mendirikan koperasi dengan nama Southern California Fruit Exchange, yang memberikan kekuatan pada anggotanya yang kebanyakan petani kecil untuk menembus pasar yang penuh persaingan.  Koperasi ini kemudian berubah nama menjadi California Fruit Growers Exchange. Baru pada tahun 1907 menggunakan nama Sunkist, dan pada tahun 1908 secara resmi nama Sunkist menjadi ”trade mark” (cap dagang) bagi produk jeruk yang berkwalitas prima yang dipasarkan. Pada tahun 1952 dengan resmi koperasi pemasaran jeruk ini menggunakan nama Sunkist Growers Inc, yang kemudian menjadi “cap dagang” yang terkenal di seluruh dunia.

Anggota koperasi Sunkist terdiri dari 17 kantor distrik (district exchange) sekitar 34 asosiasi pusat pengepakan lokal serta sekitar 6000 orang petani jeruk di Kalifornia dan Arizona. Semua petani jeruk adalah juga  anggota kantor distrik atau asosiasi pengepakan lokal. Kantor distrik merupakan organisasi koperasi wilayah yang beranggotakan asosiasi lokal atau para petani jeruk, khususnya yang mempunyai kegiatan mengepak hasil buah jeruk para petani. Kantor distrik ini bertugas untuk memenuhi permintaan pada tingkat wilayah. Setiap kantor distrik juga menunjuk dan memiliki wakil-wakilnya pada Dewan Pengurus Koperasi Sunkist, yang jumlahnya didasarkan pada jumlah buah jeruk yang dikirimkan melalui Sunkist. Hanya anggota petani jeruk yang boleh menjadi pengurus Sunkist, yang bertujuan untuk merumuskan kebijakan organisasi dan mengawasi penggunaan anggaran belanja. Baik asosiasi lokal maupun kantor distrik ini berafiliasi kepada koperasi Sunkist, tetapi bukan berarti dimiliki atau dikelola oleh Sunkist.

Tujuan utama dari pendirian Koperasi Sunkist ini memang untuk memasarkan produksi jeruk anggota dengan harga yang sebaik-baiknya. Pemasarannyapun dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri. Pada musim panen 2004-2005, pendapatan Sunkist sebanyak 45 persen diperoleh dari pemasaran jeruk segar di luar Amerika Serikat. Sedang lebih dari 20 persen diperoleh dari produk-produk olahan. Untuk buah jeruk yang tidak memenuhi sarat dipasarkan sebagai buah segar, akan diproses menjadi jus. Untuk usaha tersebut Koperasi Sunkist mempunyai 2 anak perusahaan yaitu Sunkist Growers dan Fruitgrowers Supply Co.

Selain memasarkan hasil produksi petani jeruk anggotanya, Sunkist juga memberikan linsensi kepada mitra-mitra usaha yang cukup bonafid. Dengan lisensi itu, Sunkist sebagai penjamin atas kwalitas produk-produk mitranya. Saat ini, produk-produk yang menggunakan label Sunkist berjumlah sekitar 600 macam. Bentuknya mulai dari vitamin hingga berbagai macam minuman. Produk tersebut telah beredar di 40 negara di lima benua. Sebagai contoh “Sunkist Soft Drink” dengan rasa jeruk yang beredar di Amerika. Ada juga “Sunkist Vitamin C dan Suplement” yang beredar di Kanada. Kemudian ada “Sunkist juice dan juice drink” yang beredar di Jepang, Korea, Hongkong, Indonesia, Malaysia dan sebagainya.

Dalam perkembangannya Koperasi Sunkist juga mendirikan Sunkist Real Estate. Anak perusahaan ini bertugas dalam bidang penggadaan perumahan, jasa informasi keuangan dan investasi kepada anggota dan calon anggota. Modal untuk Sunkist Real Estate ini berasal dari Sunkist Growers, Fruitgrowers Supply Co.

Dalam perjalananya, Sunkist Growers terus berkembang hingga menjadi salah satu dari 10 koperasi pemasaran terbesar di Amerika Serikat. Bahkan termasuk koperasi pemasaran terbesar di dunia dalam bidang industri buah-buahan dan sayur-mayur. Pada tahun 2005 koperasi ini juga telah mampu mencatat omset sebesar US$ 1.005 juta dan asset sebesar US$ 169 juta. Sehingga Sunkist Growers inipun menempati peringkat 229 Versi Global 300 ICA.

Koperasi Sunkist telah membuktikan dirinya sebagai koperasi yang mampu bertahan hingga dua abad lebih. Bahkan usahanya, baik dibidang ekonomi maupun sosial telah mendunia. Walaupun, koperasi ini pada awalnya hanya didirikan oleh kelompok petani yang dibuat tak berdaya oleh pasar.

Dapatkah petani-petani di Indonesia berkaca dari koperasi sunkist ini untuk meningkatkan nilai tambah dari produk-produk pertanian Indonesia? Mungkin saja.

(dari berbagai sumber)

Pos ini dipublikasikan di Pertanian dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sunkist

  1. Eru berkata:

    Thanks info nya gan. Akhirnya sekarang gue tau sunkist itu nama koperasi, bukan nama jenis jeruk🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s