Metallica


Pertama saya mengenal Metallica waktu saya SMA sekitar tahun 1999. Waktu itu saya membeli album Metallica yang berjudul Metallica, tapi sering disebut dengan Black Album karena warna dari seluruh album tersebut berwarna hitam (sebenarnya ada gambar ularnya, tapi kalo dilihat cuma sekilas ga kelihatan). Di album tersebut ada lagu slow yang pernah saya dengar waktu SD dan lumayan enak didengar yaitu The Unvorgiven. Waktu membeli album tersebut awalnya saya hanya mendengar lagu The Unvorgiven saja karena itu yang saya suka, tapi selanjutnya saya mulai mencoba dengar semua lagu di album tersebut dan ternyata bagus-bagus.

Memang bagi yang tidak suka musik metal, lagu-lagu Metallica akan terdengar berisik dan kasar, seperti awalnya saya mendengar musik metal. Ibu saya saja sampai marah-marah waktu saya putar musik metal. Namun setelah dihayati benar-benar ternyata musik metal itu akan enak didengar, begitu juga dengan lagu-lagu Metallica. Dari mendengar lagu-lagu di Black Album saya mulai mencari-cari lagi informasi tentang lagu-lagu Metallica yang lain yang ternyata bagus-bagus.

Waktu kuliah juga saya bersama tiga orang teman saya yang lain pernah membentuk sebuah band yang membawakan lagu-lagu Metallica. Kami jadi seperti tribute bandnya Metallica di kampus. Formasi sengaja kami bentuk seperti Metallica asli dengan empat orang anggota yaitu sebagai drummer, bassis, rythm guitar & vocal, dan lead guitar. Saya sendiri memegang alat drum. Waktu itu kami menggali beberapa lagu Metallica yang enak dan mudah dibawakan, karena saya juga sebenarnya bukan pemain musik profesional. Saya main drum hanya berdasarkan feeling saja tidak pernah les atau belajar drum di tempat lain. Lagu-lagu yang sering kami bawakan waktu itu seperti Master of Puppets, The Unvorgiven, Nothing else Matters, Enter the Sandman, Memory Remains, dan masih banyak lagi.

Metallica sendiri dibentuk tahun 1981 (waktu itu saya belum lahir) di Los Angeles. Nama awal mereka adalah The Young of Metal Attack. Beberapa bulan kemudian grup ini berganti nama dengan Metallica yang sebenarnya adalah nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh mereka sebelum majalah tersebut mendapat nama tersebut. Formasi awalnya adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron McGovney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light (jujur saya ga tau lagu ini) yang masuk album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.

Setelah itu, Grant dan Ron mengundurkan diri. Posisi Grant digantikan oleh Dave Mustainedan posisi Ron digantikan Cliff Burton. Formasi ini kemudian pada Juli 1982 mengeluarkan demo-album No Life Till Leather. Demo inilah yang kemudian mengantarkan Metallica mendapatkan agen dan kemudian hijrah ke New York.

Metallica 1982 (Cliff Burton, Lars Ulrich, James Hetfield, Dave Mustaine)

Tahun 1983 Dave Mustaine keluar dari Metallica karena berseteru dengan James Hetfield. Posisi Mustaine digantikan oleh Kirk Hammet, gitaris dari grup Exodus. Formasi ketiga inilah yang kemudian mengeluarkan album Kill ‘Em Allpada bulan Mei 1983. Dave Mustaine sendiri akhirnya mendirikan band baru yang bernama Megadeth.

Metallica 1983 (Kirk Hammet, James Hetfield, Lars Ulrich, Cliff Burton)

Pada tahun 1984, Metallica semakin besar dengan menerbitkan album Ride the Lightning. Album ini bertahan 50 minggu dalam Billboard Top 200. Demi memperlancar promosi mereka juga mengeluarkan mini album Jump In The Fire. September 1985, Metallica memproduksi album Master of Puppets. Kembali Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu. Album ini merupakan album yang meraih platinum tanpa single dan video.

Tanggal 27 September 1986, dalam perjalanan tur ke Skandinavia, bus yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan Cliff Burton meninggal dunia. Peristiwa ini begitu memukul seluruh anggota band.  Oktober 1986, posisi Cliff Burton digantikan oleh Jason Newsted, basis dari grup Floatsam and Jetsam. Nah, formasi inilah yang paling saya suka. Gaya mereka juga mulai kelihatan “jantan” tidak seperti anak-anak lagi. James Hetfield dengan badan tinggi besarnya dipadukan dengan kumis yang melintang menjadikan penampakannya lebih jantan. Lars Ulrich juga sudah kelihatan “metal” dibandingkan sebelumnya yang kalau rambutnya tidak panjang malah seperti baby face.

Metallica 1986 (James Hetfield, Kirk Hammet, Lars Ulrich, Jason Newsted)

Album …And Justice for Allberedar September 1988. Disinilah Metallica mulai mengeluarkan video klip. Video pertama mereka adalah untuk lagu One, video ini mencapai nomor 1 di MTV. Akhir 1990 album Metallica direkam. Album ini lebih dikenal dengan sebutan “Black Album” karena sampul dari album tersebut berwarna hitam. Album ini membuat Metallica mencapai penjualan quadruple platinum dan menjadi album nomor satu di delapan negara Amerika dan Eropa. Serta meraih penghargaan Grammy kategori Penampil Metal Terbaik dua tahun berturut-turut.

Tahun 1995 Metallica mulai masuk studio lagi untuk menggarap album “Load” dengan singlenya Until it Sleeps. Karena materi lagu yang cukup banyak, mereka akhirnya berencana untuk membuat double album dan akhirnya pada tahun 1997 album kedua dari double album tersebut kaluar dan diberi judul “Reload”. Di album Relaod ini ada satu lagu yang merupakan sambungan dari lagu kesukaan saya The Unvorgiven yaitu The Unvorgiven II.

Pada era load penampilan para personel Metallica berubah! Mereka mencukur rapi rambutnya yang gondrong. Dimulai dengan Jason Newsted yang terlebih dahulu mencukur rambutnya, diikuti ketiga personel lainnya. Kabarnya mereka mencukur rambut karena terinspirasi oleh Bruce Dickinson, vokalis band metal asal Inggris Iron Maiden yang mencukur rambutnya.

Metallica 1995 (Lars Ulrich, James Hetfield, Jason Newsted, Kirk Hammet)

Tahun 1998 Dauble Album Garage Inc dirilis. Album ini merupakan album dimana Metallica membawakan lagu-lagu orang lain seperti Black Sabbath, Motorhead, Queen, dan lain-lain. Tahun 1999 Metallica bekerjasama dengan komposer Michael Kamen membuat album S & M. Disini lagu-lagu Metallica dibawakan dengan diiringi orkestra yang dikendalikan oleh Michael Kamen. Lagu-lagu keras Metallica menjadi sebuah karya yang indah. Album ini menjadi inspirasi untuk band-band lainnya untuk membuat konsep Rockestra yaitu musik rock yang dipadukan dengan orkestra termasuk di Indonesia.

Metallica dan Michael Kamen

Tahun 2001 Jason Newsted Mengundurkan diri dari Metallica. Kabarnya karena ada perseteruan antar anggota band. Jason Newsted sendiri mulai sibuk dengan banyak proyek pribadinya. Posisi Jason Newsted akhirnya digantikan oleh Robert Trujillo pada tahun 2003 dimana sebelumnya Robert Trujillo pernah bermain bass untuk Ozzy Ozbourne.

Metallica 2003-sekarang (Kirik Hammet, James Hetfield, Lars Ulrich, Robert Trujillo)

Sekarang saya jarang mendengar lagu-lagu Metallica yang terbaru. Mungkin karena sekarang MTV sudah tidak ada lagi di Indonesia. Atau mungkin juga karena industri musik Indonesia yang sedang tumbuh sehingga tidak memberi kesempatan untuk musik luar masuk. Tapi semenjak album St. Anger tahun 2003 saya kurang menyukai lagu-lagu Metallica karena mungkin ada berbagai perubahan yang mereka buat untuk perkembangan musiknya. Tapi saya merasa kalo saya tidak sedang mendengar Metallica.

Pos ini dipublikasikan di Apa Aja, Pikiran Kotor dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

