Musisi-Musisi Luar Biasa


Musik bagi sebagian orang harus dimainkan dengan sungguh-sungguh dan dengan kondisi tubuh yang lengkap sesuai dengan alat musik yang dimainkannya. Tapi ada beberapa musisi yang memiliki keterbatasan fisik tetapi mampu melahirkan karya-karya yang mungkin tidak bisa dihasilkan bahkan oleh orang normal sekalipun. Berikut ini tiga orang musisi yang menurut saya luar biasa karena memiliki keterbatasan fisik tetapi bisa bermusik dengan baik.

1. Rick Allen

Rick Allen adalah drummer band rok asal Inggris, Def Leppard yang dibentuk pada tahun 1977. Rick Allen masuk Def Leppard menggantikan Tony Kenning. Dia masuk melalui audisi pada tahun 1978, setelah putus sekolah dan memutuskan berkarir di musik. Saat ini Rick Allen berada pada ranking 7 drumer terbaik sepanjang masa.

Pada tahun 1984, ketika mengendarai mobil pulang ke rumah di Sheffield, Inggris, dia mengalami musibah. Mobil yang ditumpanginya, Chevrolet Corvette mengalami kecelakaan sehingga Allen harus dilarikan ke rumah sakit. Malang baginya, karena infeksi yang cukup parah, tangan kirinya diamputasi.  Rekan sesama bandnya kemudian menyemangati Allen untuk tidak patah semangat dan terus bersama Def Leppard. Akhirnya Allen kembali bermain drum bersama Def Leppard pada tahun 1986, dan mengeluarkan album keempat setahun kemudian, album Hysteria. Dia bermain drum dengan memodifikasi drumnya sehingga kaki kirinya dapat berperan sebagai tangan kirinya. Disusunlah empat pedal di sebelah kiri, untuk digunakan oleh kaki kiri, yang berperan sebagai tangan kiri. Empat pedal itu berfungsi untuk hi-hat, bass drum, snare drum, dan tom drum.

2. Stevie Wonder

Stevie Wonder adalah nama panggung dari Stevland Morris (lahir 13 Mei 1950 dengan nama Stevland Judkins), seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan aktivis sosial dari Amerika Serikat. Ia telah merekam lebih dari 30 hit top 10, memenangi 21Penghargaan Grammy (sebuah rekor untuk artis solo), juga satu untuk lifetime achievement, ia telah memenangkan sebuah piala Oscar untuk Lagu Terbaik dan masuk ke Rock and Roll dan Songwriters Halls of fame.

Ia dilahirkan secara prematur di Saginaw, Michigan dengan ibu Lula Mae Hardaway. Ada kemungkinan ia mendapatkan terlalu banyak oksigen dalam inkubatornya, dan hal ini menyebabkan kebutaan. Hardaway mengajarkan anak-anaknya yang lain untuk memperlakukan Steveland seperti orang lain, tidak mengejek atau membantunya terlalu banyak. Ia mulai belajar menyanyi dan memainkan alat musik di gereja sejak usia dini, terutama piano, conga dan harmonika.

3. Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven (dibaptis 17 Desember 1770 di Bonn, wafat 26 Maret 1827 di Wina) adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli.

Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.

Pos ini dipublikasikan di Apa Aja, Uncategorized dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s