Masalah buat lo..??!


Penelitian itu bermula dari adanya masalah. Begitu setidaknya yang saya pahami selama saya belajar tentang penelitian dari bangku kuliah S1 dan S2 sebagai dasar untuk membuat tugas akhir. Waktu mengikuti training fungsional peneliti saya menemukan lagi pernyataan ini. Sebenernya apa sih masalah itu? Lalu apakah jika masalah tidak ada kita tidak bisa melakukan penelitian?

Ada yang bilang kalo masalah itu adalah kesenjangan antara yang diharapkan dengan realita yang ada. Jadi kalo kita mengharapkan Indonesia jadi sejahtera dan kenyataannya masih jauh dari sejahtera maka itulah yang harus diteliti, apa penyebabnya, bagaimana cara mengatasinya, siapa aktornya, dll (what, who, when, which, where, dan how).

Dulu saya berpendapat bahwa tidak harus ada masalah untuk melakukan penelitian. Bisa ada suatu peluang yang mengharuskan kita untuk meneliti bagaimana memanfaatkan peluang tersebut. Hal ini diperkuat oleh pendapat salah seorang teman training saya yang mengatakan, jika kita hanya berpatokan kepada masalah untuk melakukan suatu penelitian maka kita hanya akan menjadi problem solver, bukan seorang inovator.

Saya mengungkapkan suatu contoh perilaku cacing di laut dalam. Apakah perilaku cacing tersebut menjadi masalah buat kita sehingga patut diteliti. Jika dipikir-pikir cacing di laut dalam tidak akan membuat masalah kepada kita (kecuali kalo cacingnya jadi besar dan memangsa manusia). Namun kemudian ada pendapat lain yang mengatakan bahwa sesuatu yang belum kita ketahui itu termasuk kategori masalah, termasuk perilaku cacing-cacing di laut dalam itu.

Pusing dengan perdebatan-perdebatan tentang masalah dalam penelitian akhirnya saya mengambil kesimpulan sendiri. Bahwa yang selama ini dibilang “masalah” dalam penelitian seharusnya jangan dibilang “masalah”. Tapi perlu dicari istilah lain sehingga bisa juga mencakup peluang dll. Kedua, yang namanya “masalah” selain kesenjangan antara yang diharapkan dan yang ideal, bisa juga disebut kesenjangan antara yang sudah diketahui dan yang belum diketahui (gatau bener apa engga, mohon koreksi…)

Pos ini dipublikasikan di Apa Aja, Pikiran Kotor, Uncategorized dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s